Merantau part 2

Bismillahirrohmanirrohim

Setelah merantau 4 tahun di negeri ginseng, akhirnya saya pulang ke Indonesia. Saya menikmati indahnya dan enaknya makanan Indonesia selama hampir 3 bulan (jangan tanya berat badan saya berapa yah… hehehe). Melihat arus mudik yang luar biasa pada saat perjalanan pulang kota dari Banjarsari, Ciamis yang hijau ke Tangerang yang panas. Kemudian mudik ke Kedurang, Manna, Bengkulu dari Tangerang yang waktu tempuhnya hampir 24 jam (termasuk istirahat yah) untuk bertemu dengan kakek dan nenek tercinta setelah hampir 6 tahun tidak berjumpa. Melewati hutan bukit barisan yang masih sangat asli, sehingga tidak ada yang berani melewatinya pada saat malam hari. Kedurang masih seperti yang dulu, tidak banyak mengalami perubahan. Jauh sekali dengan BSD yang sangat berbeda sepulang saya dari menempuh studi di Korea dibandingkan dengan 4 tahun yang lalu. Terasa sekali pembangunan tidak merata antara jawa dan luar jawa, sehingga sangat wajar banyak orang luar jawa yang mencoba mengadu nasib mencari sekarung berlian di Jawa. Selama hampir 2 bulan, aktivitas saya di Indonesia hanya mengasuh dan bermain dengan anak-anak, what a wonderful life :).

Sekarang saya sudah berada di Tsukuba, Japan, merantau part 2 has begun. Tempat yang baru tentu menuntut saya dan keluarga untuk beradaptasi kembali dengan lingkungan, bahasa dan tempat kerja. Saya bekerja di NIMS (National Institute for Materials Science) salah satu lembaga riset top untuk bidang materials science. Sebenarnya belajar atau bekerja di NIMS adalah impian saya. Dulu saya pernah melamar agar dapat melanjutkan studi S3 saya di NIMS, akan tetapi pada saat itu nasib baik tidak berpihak kepada saya dan rejekinya ternyata di negeri ginseng. Sungguh indah bagaimana Allah SWT mengatur semuanya, mungkin dulu saya memang belum siap untuk belajar dan bekerja di NIMS sehingga harus ditempa dulu selama 4 tahun di Korea. and here I am now, at NIMS. Keajaiban DOA.

Kami di depan Ninomiya House

Kami di depan Ninomiya House

Bermain-main sambil menonton yang sedang latihan menari saman.

Bermain-main sambil menonton yang sedang latihan menari saman.

Kami tinggal sementara di Ninomiya House, rumah tinggal khusus buat para reseacher yang bekerja di lembaga riset atau universitas di kota Tsukuba. Rumahnya nyaman sekali, mungkin sama dengan taewang apate (apartemen besar di belakang Yeungnam University). Kekurangannya cuma satu, sewa bulanannya mahal sekali… hehehe. Kebetulan juga karena Jepang merupakan salah satu negara yang rawan bencana, Sabtu 16 Nopember 2013 kami mengikuti latihan simulasi jika terjadi bencana di Ninomiya House. Wafa dan Athifa tampak senang dan bergaya menggunakan helm :). Terhitung sudah 4 kali kami mengalami gempa dengan kekuatan 4 – 7 SR, cukup menyeramkan.

Bersiap latihan menghadapi bencana.

Bersiap latihan menghadapi bencana.

Satu yang kurang mengasikan di Tsukuba adalah transportasi publiknya yang kurang sebagus Gyeongsan. Kami sekeluarga cukup kesulitan kalau hendak berpergian agak jauh. Satu-satunya transportasi yang tersedia setiap saat adalah sepeda. Walhasil, karena supermarket letaknya agak jauh dari rumah, maka saya kebagian tugas belanja.

IMG_0194

Indahnya merantau, kami selalu mendapatkan kehangatan keluarga yang baru dan tentunya teman-teman yang baru. Semoga banyak hikmah dan ilmu yang kami dapatkan dari merantau part 2 ini. Mengutip perkataannya Imam As-Syafi’i tentang merantau yang ada di blog istri saya:

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang.  Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

This entry was posted in Family, Japan Life. Bookmark the permalink.

One Response to Merantau part 2

  1. Semoga di Negeri yang baru mendapatkan keberkahan yang melimpah dan menjadi tempat terbaik dalam rantauan…amin yra…!

Leave a Reply

