Mengaktifkan Blackberry di Korea

Salah satu pertanyaan favorite mahasiswa Indonesia yang akan datang atau baru datang ke Korea adalah bisa tidak menggunakan blackberry di Korea? Wajar, karena Indonesia kan merupakan Blackberry Nation. Liat aja di disini, bagaimana blackberry begitu populer di Indonesia. Kelancaran komunikasi dengan keluarga dan teman mungkin salah satu pertimbangan mengapa menggunakan blackberry di Korea.

Sekedar informasi, blackberry tidak populer di Korea. Sangat jarang orang Korea mengunakan blackberry, mereka lebih memilih samsung galaxy, iphone dan smartphone yang lainnya. Jadi informasi mengenai balckberry di Korea memang sangat minim. Blackberry dijual secara sistem kontrak di Korea, so sedikit sulit buat orang asing untuk membeli blackberry di Korea. Selain itu ada juga deposit jika membeli dengan sistem kontrak ini. Berikut saya share pengalaman mengaktivasi blackberry storm 9530 di Korea.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan Blackberry di Korea:

1. Tipe blackberry yang disupport di Korea adalah Bold, Torch, Storm2 dan Pearl. Jika blackberry Anda bukan tipe di atas, Anda membutuhkan registrasi dari rra.go.kr (ada pengecualian jika hanya 1 gadget dan untuk pengunaan pribadi saja). Selain itu pastikan juga blackberry Anda support 3G dan dalam keadaan unlocked (bisa dicek disini). Sedangkan untuk meng-unlocked blackberry Anda bisa di baca disitu.
2. Datangi counter SK Telecom yang besar (biasanya juga tempat service resmi). Untuk yang di daerah Daegu, lokasinya berada dekat dengan Kyungpook National University Hospital. Jangan lupa juga siapkan alien card.
3. Jika bahasa korea Anda cukup fasih akan sangat membantu tetapi jika tidak akan disambungkan dengan call center SK Telecom untuk menjelaskan dalam bahasa inggris.
4. Untuk menggunakan blackberry secara maksimal diperlukan paket pasca bayar dengan biaya langganan 44000 won (500 MB data dan pulsa) atau 53000 won (unlimited data). Ada juga biaya tambahan sebesar 5000 won untuk Blackberry Internet Service (BIS).
5. Sit back and relax, tunggu sekitar 10-15 menit proses pengaktifan blackberry Anda.
6. Enjoy your blackberry in Korea :).

Tulisan ini juga saya share secara singkat di PERPIKA. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Advertisements
This entry was posted in Korean Life, Lain-lain. Bookmark the permalink.

34 Responses to Mengaktifkan Blackberry di Korea

  1. sastrowijoyo says:

    Wah mahal banget ya. jadi kalau mau aktifin BBM nya harus bayar minimal 49ribu won?

  2. alfiantea says:

    Bener, minimal 49ribu won termasuk pulsa. Emang mahal klo untuk kantong mahasiswa kaya kita mah :(. seandainya ada paket2an kaya di Indonesia… hehehe

  3. Boni says:

    Itu 49rb won oer hari mbak?

  4. adhi says:

    wah bagus infonya…saya baru saja beli bb tapi dengan operator telepon saya saat ini bis tidak bisa aktif…padahal di hp saya yg dulu saya sudah langganan paket…apa boleh tau alamat kantor sk yang mas datengin itu…
    Terima kasih

    • alfiantea says:

      Silahkan datang langsung Mas Adhi ke SK Branch terdekat di Kota Mas Adhi tinggal. Biasanya cuma ada satu disetiap kota. Kalau saya kebetulan tinggal di Gyeongsan, deket dengan Daegu. SK Branch terdekat adanya di Daegu, lokasinya di Kyungbook National University Hospital Subway station. Btw, paketnya suka beda2 Mas, teman saya ada yang dapet paket 35,000 won/bulan. Sepertinya tergantung dengan customer servicenya :). Semoga berhasil Mas.

      • luki says:

        mas gmn ngomongnya..?
        soalnya bahasa korea saya parah bgt..
        bisa tolongin ga gmn caranya..
        terima kasih

      • alfiantea says:

        Ga usah khawatir Mas, saya juga ga bisa bahasa korea. Jadi nanti pas Mas Luki dateng ke SK Branch, akan disambungkan dengan call center berbahasa inggris yang akan menjadi penerjemah ke staf lokal disitu. Semoga berhasil yah Mas… πŸ™‚

  5. nadia says:

    kalo cara aktivasi internet iphone di korea gimana ? bisa pake wifi atau beli kartu?

    • alfiantea says:

      kalo ada wifi, bisa langsung dipakai. Disini wifi berlimpah mbak nadia, jadi cukup mudah untuk stay connected pake iphone. Kalau mau pake kartu juga bisa tapi mbak nadia membutuhkan ID Korea untuk registrasinya dan juga rekening bank untuk pembayaran bulanannya. Semoga membantu πŸ™‚

      • Nadia says:

        Wifi nya gratis? Gak pake password kayak di indonesia sini kan? Hehe
        Soalnya bulan ini rencana ke korea tapi bingung gimana caranya supaya bisa stay connected sama keluarga di indonesia πŸ™‚

      • alfiantea says:

        Kalo ditempat2 umum, banyak koq mbak wifi yang gratisan….

  6. luki says:

    saya hari senin tgl 8 okt kmaren dah datang ke SK yg dkt kyoongbuk university di taegu,,udah ganti kartu pke Sk dan ngambil paketannya yang 50rb won perbulan,,tp ko bbm nya lom bisa di pake..
    kmren ko gak ada biaya tambahan tuk BIS (blackberry internet service)..cuman ada biaya 7000 tuk sim card yang baru…
    kira2 apanya yang kurang,,,
    klo bisa saya mnta no tlpon mas tuk konsultasi masalah itu..
    terima kasih

    • alfiantea says:

      Harus diaktifin BISnya Mas, bisa lewat telp. Hubungi aja customer service dari SK-nya. Ada biaya tambahan 5000 won/ bulan untuk BISnya. Nanti stelah BISnya aktif, ada logo blackberry disebelah 3G. Silahkan kontak saya lewat FB Mas.

  7. royharyadi says:

    wahhhh mahal banget :O pantesan orang korea lebih minat iPhone , Galaxy atau Optimus. oya kak kalo untuk ponsel biasa kan cuma butuh simcardnya aja. boleh tau gak operator apa yang tarifnya pas untuk mahasiswa hehehhe πŸ˜€ thx..

    • alfiantea says:

      Mahal?? relatif kali yah, kalo diukur dengan rupiah so pasti mahal banget. FYI, untuk langganan iphone ataupun galaxy SII biaya bulanannya antara 40,000 – 60,000 won. Apalagi kalo langganannya LTE, bisa sampai 90,000 won per bulan.

      Semua operator di Korea bisa prepaid koq, pulsanya tinggal beli sesuai kantong tiap bulannya.

  8. yugro says:

    di korea yg dipakai jaringan gsm atau cdma yg work on BB service..?

  9. el nino says:

    mohon pecerahan,kalo di busan di daerah mana gan??

  10. el nino says:

    oke thank u gan,,kl onyx 2 bsa di pake ga gan??perbulan nya brpa won??ada nmr tlpon gan,salam kenal

  11. el nino says:

    fbnya apa mas gan??

  12. rene ip says:

    bro kl di korea pake paketan 3 dri indo trs dipake buat wifi-an di bisa ngga? saya pake galaxy note nih

    • alfiantea says:

      ga pake paket juga gapapa, asal ada wifi-nya bisa nyambung. Beda kasus kalo BB, paketnya harus tetep aktif meskipun nanti disini pake wifi.

  13. novis says:

    Mas, sistem pnggunaan hp dsana gmna sih? Jd pusing.. ribet banget…
    Bs mnta emailny gak buat nanya2? mau nanya banyak banget nih…. heheheheh

  14. Fatkhur says:

    klo hanya pingin sekedar BBM an aja di korea bisa dgn cara murah, beli BB indo trus daftarin paket yg suka2 (saran saya yg penting bbm aja) trus matikan koneksi “while roaming” konek via wifi. di korea banyak wifi apalagi pelajar setiap univ pasti punya gratisan.tp ingat BIS anda harus tetep di isi dari indo tiap bulannya paling cuman 50 rb rupiah bukan won

  15. inge says:

    Pak Alfian, saya ada teman orang korea dan akan kembali ke korea. Dia meng inginkan agar BB Dakota nya bisa dipakai di Korea. Tolong bantu bagaimana cara unlock nya. Di mana saya bisa meng unlock nya? Thanks

    • alfiantea says:

      Cara mudahnya, coba ganti simcardnya dengan provider yang lain. kalau simcard tersebut terbaca dengan baik (bisa telp dan sms) berarti BB Dakotanya sudah dalam keadaan unlock. Atau bisa dicek dengan mengikuti link yang saya tulis di atas, berikut dengan cara unlocknya. Cara terakhir, bisa mengunjungi representative BB di Indonesia (saya tidak tahu ada dimana) atau mungkin juga toko hape biasa minta untuk di unlock BBnya dengan membayar uang jumlah tertentu.

  16. icha says:

    kalau saya pake iphone bisa membeli kartu isi ulang dsana ngga? gampang atau susah registrasi nya?
    soalnya kalau pake provider dari indonesia, saya pernah ke bangkok dan itu ga jalan sama sekali baik wifi sekalipun

    • alfiantea says:

      Asal punya KTP Korea in sha Allah mudah registrasinya. Tapi pastikan dulu iPhone sudah di unlock. Sebenarnya tanpa registrasi pun banyak sekali wifi gratis di Korea, dengan catatan Anda berkunjungnya ke kota besar :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s